Cara Membuat Kipas

Membuat sebuah kerajinan dari berbagai benda sehingga menjadi sesuatu yang berguna merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Mereka tidak hanya mampu untuk membuat barang-barang yang bisa berguna, namun juga bisa memanfaatkan berbagai benda yang menurut banyak orang tidak memiliki nilai lagi. Selain itu, kegiatan seperti ini juga bis dijadikan sebagai mata pencaharian karena memang mampu memberikan sumber keuangan bagi mereka yang berminat menekuninya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat kerajinan kipas dari bambu. Dan artikel singkat ini akan memberikan anda cara membuat kipas dengan mudah namun bisa memberikan hasil yang indah dan bermanfaat.

cara membuat kipas cara membuat kipas

Hal pertama dalam cara membuat kipas yang anda butuhkan adalah beberapa ruas bambu yang masih muda dan masih mudah untuk dipotong dan dibentuk. Bambu seperti ini dapar anda dapatkan di kebun-kebun atau anda dapat membelinya di pasar tradisional di sekitar anda. Potong bambu sepanjang yang anda butuhkan, sehingga ukuran bambu bisa menyamai ukuran kipas yang anda inginkan. Kemudian belah dan ambil sayatan-sayatan tipis dari bambu sekitar beberapa helai. Bersihkan dari serat-serat bambu yang tajam dan anda siap untuk melakukan langkah selanjunya dalam cara membuat kipas.

Kemudian anda harus mempersiapkan sehelai kain yang akan anda gunakan dalam cara membuat kipas anda. Pastikan kain yang anda gunakan adalah kalin yang cukup tebal dan tidak mudah robek ketika digunakan sebagai kipas. Kain ini bisa anda dapatkan dengan menggunakan kain bekas pakaian yang sudah tidak terpakai lagi atau memberli sehelai kain yang anda inginkan. Jika kain yang anda miliki terlalu tipis, anda bisa menggunakan dua atau tiga lapis kain untuk trik anda dalam cara membuat souvenir kipas yang tahan lama dan tidak mudah robek. Bila memungkinkan, pilihlah kain yang memiliki motif dan warna yang indanh agar kipas yang anda buat juga menjasi lebih menarik untuk digunakan.

Jika bambu dan kain sudah anda siapkan, saatnya melakukan aktivitas inti dalam cara membuat kipas anda. Sediakan lem yang cukup kuat dan mudah kering untuk membuat kipas anda. Lem ini akan menjadi bahan untuk merekatkan kain dengan bambu yang anda miliki. Namun, sebelum merekatkan kedua bahan ini, anda harus melubangi setiap bambu yang anda miliki dengan ukuran lubang kecil pada bagian bawah bambu. Hal ini berguna untuk tempat kawat yang akan menjadi penyambung seluruh helaian bambu anda.

Cara membuat kipas selanjutnya adalah mengoleskan lem yang anda miliki ke permukaan bambu bagian atas. Kemudian secara berhati-hati, tempelkan bambu tersebut pada kain yang telah anda bentuk sedemikian rupa. Tunggu hingga kering dan lipat kipas anda dengan rapi serta tambahkan kawat kecil dibagian bawah kipas. Cara membuat kipas sederhana ini akan menghasilkan anda sebuah kipas sederhana yang unik dan menarik. Nah, jika anda tidak ingin repot, anda bisa membuat kipas di situs Dani-Craft yang merupakan pengrajin souvenir pernikahan termasuk souvenir kipas ini.